Sepeda
motor kini mungkin menjadi salah satu alat trasportasi yang paling
diminati di dunia khususnya di Indonesia. Coba kalian perhatikan di
jalan raya, begitu banyak sepeda motor yang melintas atau yang sedang
antre saat lampu merah sedang menyala.
Tahukah
kalian darimana asalnya sepeda motor, siapa-siapa saja yang berperan
dalam perkembangan sepeda motor dan bagaimana sejarahnya hingga sepeda
motor masuk ke Indonesia?
Ada tiga orang yang diakui sebagai penemu sepeda motor yaitu, Ernest
Michaux ( Perancis), Edward Butler (Inggris), dan Gottlieb Daimler
(Jerman). Sepeda motor pertama kali dirancang pada tahun 1868 oleh
Ernest Michaux berkebangsaan Perancis. Pada waktu itu,tenaga penggerak
yang direncanakannya adalah mesin uap namun proyek ini tidak berhasil.
Kemudian pada tahun 1885 Edward Butler mencoba menyempurnakannya dengan
membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakan dengan
menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.
Pada tahun 1885 seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler dan
mitranya, Wilhelm Maybach menjadi perakit motor pertama kali di dunia.
Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah
sepeda kayu. Mesin diletakkan di tengah (di antara roda depan dan
belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Kemudian
sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen (riding car).
Pada waktu itu jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat banyak.
Sampai pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, Jerman Barat
memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh Werner
Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum
dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfmüller di Muenchen,
Jerman pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan
langsung oleh kruk as (crankshaft).
Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat,
tepatnya ke kota New York. Pada tahun yang sama, seorang penemu Amerika
Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor
yang didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang
pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor).
Pada tahun yang sama, Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di
Inggris memutuskan untuk membuat sepeda motor. Empat tahun sesudahnya,
1902, perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama namun
masih menggunakan mesin dari Belgia. Kemudian pada tahun 1905, Triumph
memproduksi sepeda motor secara utuh sendiri.
Tahun 1903, William S Harley dan sahabatnya, Arthur Davidson,
memproduksi sepeda motor di Milwaukee, Amerika Serikat, dan menamakan
sepeda motor itu Harley Davidson. Tahun 1904, perusahaan Amerika Serikat
lain, Indian Motorcycle Manufacturing Company, yang berlokasi di
Springfield, Massachusetts, muncul dengan sepeda motor Indian Single.
Kemudian sampai Perang Dunia I (1914-1918), perusahaan ini menjadi
pabrik sepeda motor dengan produksi yang terbesar di dunia. Indian
Motorcycle Manufacturing Company tutup pada tahun 1953 dan merek Indian
diambil alih oleh Royal Enfield.
Setelah Perang Dunia I sampai tahun 1928, perusahaan yang memproduksi
sepeda motor terbesar di dunia adalah Harley Davidson. Pada tahun 1921,
sepeda motor BMW hadir dengan roda belakang yang digerakkan menggunakan
koppel (shaft drive). Pada tahun 1930-an ada sekitar 80 merek sepeda
motor di Inggris, di antaranya Norton, Triumph, AJS, dan merek-merek
lainnya yang tidak begitu terkenal, seperti New Gerrard, NUT, SOS,
Chell, dan Whitwood.
Perkembangan sepeda motor di Eropa, juga dipicu oleh Perang Dunia II
(1939-1945), di mana sepeda motor dibuat untuk keperluan militer. Seusai
Perang Dunia II, tahun 1946, desainer Italia, Piaggio, memperkenalkan
skuter Vespa dan langsung menarik perhatian dunia.
Pada tahun 1949, Honda memproduksi sepeda motor dengan mesin dua
langkah. Namun, suara mesin dua langkah yang berisik dan asap yang
berbau tajam yang keluar dari knalpot membuat Honda mengembangkan mesin
empat langkah.
Tahun 1951, BSA Group (Inggris) membeli Triumph Motorcycles dan menjadi
produsen sepeda motor terbesar di dunia. Kemudian kedudukan BSA diambil
alih oleh NSU (Jerman) tahun 1955. Namun, sejak tahun 1970-an hingga
kini, Honda tercatat sebagai produsen sepeda motor terbesar di dunia.
Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek yang dikenal dengan
nama cub. Kepopuleran sepeda motor jenis bebek ini membuat perusahaan
sepeda motor asal Jepang lainnya seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki
meniru model sepeda motor jenis bebek ini.
Sosok yang menarik, mesin yang handal dan mudah dirawat, serta harga
yang bersaing membuat sepeda motor asal Jepang, yakni Honda, Suzuki,
Yamaha, dan Kawasaki, sangat populer dan sampai kini mendominasi pasar
sepeda motor dunia. Namun, nama-nama Harley Davidson tetaplah merupakan
sepeda motor yang populer, terutama di Amerika Serikat. Demikian juga
dengan BMW, Triumph, dan Ducati.
Sepeda motor pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1893. Sepeda
motor tersebut dibeli oleh John C Potter, seorang masinis pertama pabrik
gula Oemboel, Probolinggo, Jawa Timur. Ia memesan sendiri sepeda motor
itu langsung ke pabriknya di Muenchen.
Nah, sekarang kalian jadi tahu kan sejarah sepeda motor di dunia.
Bagaimana dengan sejarah transportasi jenis lainnya? Ayo jelajahi lagi
website ini yah…
Minggu, 10 November 2013
Sejarah Tentang Motor
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar